May 01, 2012

-sold- Arcadia Vintage

Arcadia merek jam tangan yang berasal dari Fleurier, sebuah desa kecil di Val-de-Travers wilayah Kanton Neuchâtel di Swiss. watchmaker bernama Jules-Samuel Jequier yang lahir tahun 1835 di Fleurier, mendirikan Arcadia pada tahun 1858, dan diposisikan sebagai top-of the-line di antara lima merek pembuatan jam dari Watch Company Fleurier, Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam bisnis kerajinan permata dan merancang kaliber untuk jam tangan, yang dikenal dengan kualitasnya yang sangat baik, perusahaan ini menjadi salah satu pemasok movement arloji terbesar selama lebih dari satu abad utuk berbagai macam merek arloji.
Arcadia adalah salah satu merek yang paling awal menjual jam tangan keluar negeri, termasuk China dan Amerika Selatan, merek ini merupakan 'kreatif avant-garde' yang menjadi unggulan dari Watch Company Fleurier. Merek jam tangan ini  dijual sampai 1968, karna pada saat itu banyak bermunculan perusahaan jam tangan mekanik baru dengan harga yang relatif lebih murah, sehingga menyebabkan perusahaan pembuat Arcadia gulung tikar karna tidak mampu mengalahkan dominasi jam tangan yang diproduksi scara massal.
Pada tahun 2007, Claude Sanz membeli merek ini dan kembali meluncurkan Arcadia. Sanz adalah Presiden dan pemilik perusahaan jam tangan dan perhiasan yang terkenalBunter SA, yang berbasis di sebuah rumah pertanian abad ke-17 tepat di luar Jenewa. Claude adalah seorang ahli geologi terlatih dan mineral, seorang watchmaker otodidak dan namanya telah dikenal di kalangan pembuatan jam.
-dikutip dari berbagai sumber-
jam tangan yang saya dapat ini adalah jam tangan vintage buatan Arcadia, pertama kali disodorkan jam ini, oleh seorang rekan saya langsung terkagum melihat kualitas finishing dari jam ini, sangat terlihat ketelatenan dari sang watchmaker. dengan disain yang sangat menarik, berdesain transparan, dial terdapat lukisan bintang-bintang dan cross hair, namun warnanya sudah mulai memudar, tulisan merek Arcadia juga sudah mulai memudar karena penuaan pada dial, indexnya menggunakan plat tembaga yang dicutting, casing difinising dengan yellow gold plated, dan diapit dengan ring berbahan gold berwarna rose gold, bentuk lugnya besar, movement manual winding berbasis 17jewel buatan Arcadia,  masuk golongan hi-beat movement,  dari casebacknya dapat terlihat kinerja balance spring yang sangat cepat berputar, berjalan masih normal dan akurat, untuk kategori jam tua bermesin manual, power reserve selama lebih dari 48 jam terbilang sangat bagus, kondisi jam masih sangat bagus dan mulus, diameter jam sekitar 36mm.
-sold-


 

No comments:

Post a Comment